๐ BimbinganIslam.com
๐ค Ustadz Firanda Andirja, MA
๐ Kitฤbul Jฤmi' | Bulughul Maram
๐ Hadits ke-3 | Hakekat Kebaikan dan Dosa (Bagian 1)
โฌ Download Audio dan Transkrip
๐ http://goo.gl/iWEn9a
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
ููุนููู ุงูููููููุงุณู ุจููู ุณูู ูุนูุงูู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงูู: ุณูุฃูููุชู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู ุนููู ุงููุจูุฑูู ููุงูุฅูุซููู ูุ ููููุงูู: "ุงูููุจูุฑูู ุญูุณููู ุงููุฎูููููุ ููุงูุฅูุซููู ู ู ูุงุญูุงูู ูููู ุตูุฏูุฑูููุ ููููุฑูููุชู ุฃููู ููุทููููุนู ุนููููููู ุงููููุงุณู." ุฃูุฎูุฑูุฌููู ู ูุณูููู ู.
Dari an Nawwas bin Samโan Radiyallahu anhu ia berkata: โAku bertanya kepada Rasuลซlullฤh Sallallฤhu Alayhi Wasallam tentang kebaikan dan dosa,โ Beliau bersabda: โKebaikan adalah akhlaq yang baik dan dosa adalah sesuatu yang mengganjal di hatimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya (H.R Muslim)
ุจุณู
ุงูููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู
Kita lanjutkan ke hadits berikutnya :
ูู ุนููู ุงูููููููุงุณู ุงุจููู ุณูู ูุนูุงูู ุฑุถู ุงูููู ุนูู ููุงูู ุณูุฃูููุชู ุฑูุณููููู ุงููููู ุตููู ุงูููู ุนููู ูุณููู ุนููู ุงููุจูุฑูู ูู ุงููุฃูุซูู ู ููููุงูู ุงูููุจูุฑูู ุญูุณููู ุงููุฎููููู ูู ุงููุฃูุซูู ู ู ูุง ุญูุงูู ููู ุตูุฏูุฑููู ููููุฑูููุชู ุฃููู ููุทููููุนู ุนููููููู ุงููููุงุณ
Dari sahabat Nawwas bin Sam'an radhiyallฤhu Ta'ฤlฤ 'anhu beliau berkata:
Aku bertanya kepada Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam tentang makna AlBirr (yaitu kebajikan) dan itsm (yaitu dosa)-Apa itu kebajikan? Apa itu dosa?. Maka Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam berkata AlBirr (kebajikan) adalah akhlaq yang mulia. Adapun dosa yaitu apa yang engkau gelisahkan dihatimu dan engkau tidak suka kalau ada orang yang mengetahuinya.
(Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim).
Ikhwan dan akhwat sekalian yang dirahmati oleh Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Sahabat ini bertanya kepada Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam tentunya agar dia bisa beramal dan demikianlah adab seorang yang hendak bertanya maka dia niatkan tatkala dia belajar adalah untuk diamalkan. Dan yang ditanya oleh sahabat ini adalah pertanyaan yang sangat indah, tentang apa sih hakikat kebajikan dan apa sih hakikat dari pada dosa.
Adapun jawaban Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam berkaitan dengan hak kebajikan, kata Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam : husnul khuluq (akhlaq yang mulia).
Padahal kita tahu bahwasanya kebajikan itu mencakup banyak sekali perkara. Semua kebaikan adalah kebajikan. Tetapi kenapa Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam mengkhususkan penyebutan husnul khuluq (akhlaq yang mulia) ? Ini menunjukkan akan keutamaan dan keistimewaan akhlaq yang mulia.
Karenanya sabda Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam ini mirip seperti sabda Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam:
ุงููุญูุฌูู ุนูุฑูููุฉู
"Haji adalah arofah."
Artinya apa ? Inti daripada ibadah haji adalah wukuf di padang arofah. Bukan berarti haji cuma wukuf di padang arofah saja, tidak. Ada namanya thowaf, ada namanya sa'i, ada namanya ihram, ada namanya ibadah-ibadah yang lain (lempar jamarat, mabit di Mina, mabit di Muzdalifah). Ini semua merupakan rangkaian ibadah haji.
Tetapi Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam mengkhususkan penyebutan wukuf di padang arofah karena dia adalah inti dari pada ibadah haji.
Sama seperti albirru husnul khuluq (kebajikan adalah akhlaq yang mulia). Artinya apa ? Akhlaq mulia memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam. Oleh karenanya kalau kita ingin melihat dalil-dalil tentang akhlaq yang mulia sangat banyak.
Seperti sabda Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam:
ููููุณู ุดูููุกู ุฃูุซูููุงูู ููู ุงููู ููุฒูุงูู ู ููู ุญูุณููู ุงููุฎููููู
"Tidak ada suatu yang lebih berat dari pada akhlaq yang mulia dalam timbangan pada hari kiamat."
Ini menunjukkan kalau seseorang memiliki akhlaq yag mulia maka akan sangat memperberat timbangan kebajikannya. Di hari yang sangat dia butuhkan kebaikan itu tatkala hari kiamat kelak.
Contohnya juga Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam mengatakan dalam haditsnya :
ุฅูููู ุฑูุฌููู ูุงู ููุฏูุฑููู ุจูุญูุณููู ุฎููููููู ุฏูุฑูุฌูุงุชู ุตูุงุฆูู
ู ููุงุฆูู
ู
"Sesungguhnya seorang dengan akhlaqnya yang mulia bisa meraih derajat orang yang senantiasa berpuasa sunnah dan senantiasa shalat malam."
Orang ini mungkin dia jarang shalat malam, mungkin dia jarang puasa sunnah. Tetapi dia akhlaqnya mulia, orang senang dekat sama dia, orang bahagia duduk sama dia, orang senang mendengar wejangan-wejangannya. Orang senang mendapatkan bantuannya. Maka meskipun dia jarang shalat malam meskipun dia jarang berpuasa sunnah namun dia mendapat pahala orang-orang seperti itu. Kenapa? Bihusni khuluqihi, dengan akhlaqnya yang mulia. Dan lihatlah sabda Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam :
ุฃูููุฑูุจูููู ู ู ููููู ู ูุฌูููุณูุง ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู ุฃูุญูุงุณูููููู ู ุฃูุฎูููุงููุง
"Orang yang paling dekat kedudukannya denganku pada hari kiamat adalah yang paling baik akhlaqnya."
Jika anda ingin dekat dengan Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam pada hari kiamat, perbaiki akhlaq anda. Karena Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam mengatakan yang paling dekat dengan aku adalah yang paling baik akhlaqnya.
Ini menunjukkan keutamaan dan keistimewaan akhkaq yang mulia, dia adalah amalan yang spesial. Jangan kita sangka amalan itu hanyalah shalat, hanyalah puasa, hanyalah zakat. Akhlaq yang mulia adalah amalan yang sangat spesial yang sangat mulia disisi Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam.
Apabila seseorang berusaha menghiasi dirinya dengan akhlaq yang mulia, jangan seorang mengatakan :
"Saya tidak bisa merubah akhlaq saya".
"Saya memang begini modelnya".
"Saya diciptakan begini modelnya, tabiat saya memang seperti ini".
Kalau akhlaq tidak bisa dirubah, buat apa hadits-hadits yang begitu banyak tentang akhlaq yang mulia?. Buat apa ayat-ayat Allah turunkan tentang memotivasi orang-orang berakhlaq mulia?
Ini menunjukkan akhlaq bisa dirubah. Seorang yang pelit bisa jadi orang dermawan. Seorang yang pemarah bisa jadi seorang yang penyabar. Jangan sampai seorang mengatakan :
"Saya memang suka marah",
"Saya memang temperamental".
Jangan!
"Saya begini tipenya".
Seperti itu orang bisa merubah akhlaqnya.
Oleh karena dalam hadits Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam mengatakan:
ุฃูููุง ุฒูุนููู
ู ุจูุจูููุชู ููู ุฃูุนูููู ุงููุฌููููุฉู ููู
ููู ุญูุณูููู ุฎููููููู
"Aku menjamin istana di bagian atas surga bagi orang yang terindah akhlaqnya."
Dalam riwayat lain :
ููู ููู ุญูุณููู ุฎููููููู
"Bagi orang yang memperindah akhlaqnya."
Berarti akhlaq itu bisa diperoleh, bisa diraih.
Dalam hadits kata Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam:
ู ููู ููุชูุตูุจููุฑู ููุตูุจููุฑููู ุงููู
"Barangsiapa yang berusaha bersabar maka Allah akan jadikan dia penyabar."
Orang yang pemarah bisa jadi penyabar.
Karenanya para hadirin yang dirahmati oleh Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Inilah keutamaan keistimewaan akhlaq mulia.
Para ulama menyebutkan diantara akhlaq mulia sebagaimana perkataan Ibnul Mubaarok : Akhlaq mulia terkumpul pada 3 perkara :
ุทููุงูููุฉู ุงูููุฌู ุ ููุจูุฐููู ุงูู ูุนุฑูู ุ ููููููู ุงูุฃุฐูู
"Yaitu wajah yang sering berseri-seri, senyum. Kemudian mudah untuk berbuat baik kepada oranglain dan tidak mengganggu oranglain."
Ini 3 rukun akhlaq :
Wajah sering berseri-seri, murah senyum kepada oranglain, artinya tidak merendahkan dan tidak menghinakan orang lain.
Ringan tangan untuk membantu orang lain.
Tidak mengganggu orang lain.
In syaa' Allah kita akan lanjutkan lagi pada halaqoh berikutnya.
Wabillaahit taufiq.
Assalaamu'alaykum warahmatullah wabarakaatuh.
__________________________
No comments:
Post a Comment